BELAJAR SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO) PART II

Untuk teman yang belum melihat edisi part I bisa lihat disini

C. Riset Kata Kunci

keyword

Untuk blog atau website baru yang pondasi SEO-nya belum kuat, ada kalanya kita perlu mengincar kata kunci yang kompetisinya rendah agar kita tetap bisa muncul di halaman pertama.

  1. Riset keyword dengan Google Keyword Planner

riset keyword

Tool dalam melakukan riset kata kunci adalah GKP atau Google Keyword Planner. Alasannya, karena gratis dan fiturnya lengkap. Selain itu, karena milik Google sendiri tentunya lebih akurat.

Untuk melakukan riset kata kunci caranya cukup mudah:

  1. Masukkan keyword, anda bisa masukkan lebih dari satu. Untuk memasukkan lebih dari satu kata kunci gunakan koma atau line break
  2. Atur negara target
  3. Pilih bahasa
  4. Klik ‘get ideas’

Kemudian anda akan diarahkan menuju halaman berikut:

keyword

keyword

Dari sini bisa kita lihat bahwa ada 110 orang yang mencari dengan kata kunci jasa pembuatan aplikasi mobile dalam sebulan. Di lain pihak, kalau saya ganti dengan “jasa pembuatan program” ternyata hasilnya 480, ini artinya banyak orang yang mencari dengan kata kunci itu.

  1. Mencari kata kunci dengan persaingan rendah

Dalam melakukan riset kata kunci, biasanya sebagai pemilik website baru mengincar yang persaingannya rendah. Ini karena website baru biasanya belum memiliki pondasi yang kuat sehingga akan kalah kalau bersaingan dengan website besar.

  1. Long tail keyword

Satu lagi yang perlu anda kenal mengenai riset keyword yaitu long tail keyword atau kata kunci berekor panjang. Jika website anda berupa toko online (e-commerce) atau dimonetisasi dengan produk afiliasi, long tail keyword biasanya memberikan conversion rate lebih besar daripada keyword biasa. Ini karena orang yang menggunakan long tail biasanya niat membelinya lebih tinggi.

Baca juga cara membuaat website yang SEO Friendly di sini

selanjutnya langsung saja baca belajar SEO Part 3 disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *