Informasi HKI Bisa Diakses via Aplikasi “BIIMA”

biima

Bicara soal Hak Kekayaan Intelektual (HKI), seberapa banyak masyarakat Indonesia yang paham? Sejauh mana Anda mengetahui bagaimana cara melindungi hasil karya dari kejahatan HKI seperti plagiarisme, pembajakan dan penggandaan minus ijin dari Anda sebagai pemilik? Nah, BeKraf alias Badan Ekonomi Kreatif meluncurkan sebuah aplikasi mobile pertama soal HKI…

Namanya BIIMA, kependekan dari BeKraf’s IPR (Intellectual Property Rights) Info in Mobile Apps. Aplikasi tersebut ditujukan bagi masyarakat luas, secara khusus bagi para pelaku ekonomi kreatif yang membutuhkan kemudahan akses informasi tentang HKI melalui gadget yang digunakan sehari-hari.

HKI

Di dalam aplikasi BIIMA, pengguna bisa menemukan informasi secara spesifik terkait karya yang dimiliki. Saat masuk ke dalam aplikasi BIIMA, ada sembilan jenis karya yang bisa dipilih. Ada suara, ada pula gambar, foto atau desain, atau gambar bergerak, tari, fesyen, tulisan, karya kriya maupun seni, kuliner, dan teknologi atau perangkat lunak.

informasi

Setelah menentukan jenis karya tersebut, akan ada informasi yang bisa didapatkan mengenai hak kekayaan intelektual terkait karya tersebut. Selain itu, ada pula informasi lain yang masih berkaitan. Tak hanya itu, para pengguna BIIMA bisa melakukan tanya-jawab seputar hak kekayaan intelektual (HKI).

Jika dari informasi yang ada dalam aplikasi BIIMA itu para pemilik karya berminat untuk melakukan pendaftaran, informasi terkait hal itu pun bisa didapatkan. Di dalam BIIMA juga ada rincian biaya yang dibutuhkan untuk pendaftaran dan perpanjangan HKI. Diharapkan, aplikasi ini membantu masyarakat memiliki pengetahuan yang baik seputar HKI, dari cara bagaimana melindungi jenis HKI, hingga bagaimana mengajukannya agar meningkatkan nilai ekonomis sebuah produk kreatif.

Saat ini aplikasi BIIMA baru bersifat satu arah saja. Penggunanya cuma bisa memakainya untuk membaca dan menambah wawasan mengenai HKI. Ada informasi mengenai prosedur dan alamat kantor Direktorat Jenderal KI yang bisa didatangi. Selain itu, ada pula alamat dan email Bekraf yang bisa dihubungi jika masih ada informasi yang ingin diketahui oleh para pengguna BIIMA.

Aplikasi BIIMA sendiri tersedia untuk Android dan menyusul di iOS

aplikasi biima

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *