Manajemen Waktumu Dengan Teknologi, Lihat Tips-Nya

manajemen waktu

Apakah Anda pernah berpikir? Bahwa semua yang Anda lakukan dalam kehidupan Anda sangatlah banyak. Mulai dari harus mengurus kehidupan sehari-hari pribadi Anda, keluarga Anda sampai pekerjaan Anda. Apakah Anda bisa menyeimbangkan manajemen waktu tersebut?

Manajemen waktu adalah hal yang sangat sulit dilakukan untuk siapapun, bahkan pengusaha profesional sekalipun kadang kelabakan dengan waktu mereka. Anda harus belajar mengenai manajemen waktu dari sekarang. Cobalah dengan cara membuat jadwal. Paling mudahnya adalah manfaatkanlah gandget Anda untuk mewujudkan manajemen yang baik yaitu dengan membuat jadwal di kalender gadget Anda.

time management

Time management yang baik dapat menjadi solusi untuk mengurangi inefisiensi dari pelaksanaan kegiatan harian kita. Dengan memastikan semua agenda tertata rapi, akan mempermudah kita untuk mengestimasi alokasi waktu untuk menyelesaikan kegiatan-kegiatan harian, Terutama bagi seorang profesional yang mungkin memiliki kegiatan harian lain, misalnya sedang melaksanakan studi lanjut atau memiliki side job sebagai wirausahawan. Berikut ini beberapa tips pemanfaatan teknologi untuk time management yang lebih baik.

Rajin Mengatur Jadwal Kegiatan Harian

jadwal harian

Belajar untuk menyeimbangkan beragam kewajiban dalam hidup Anda bisa menjadi sesuatu yang menantang. Pekerjaan, sekolah, dan pekerjaan rumah sehari-hari bisa menumpuk, sementara teman-teman atau keluarga juga meminta bantuan Anda. Menghabiskan waktu untuk merawat diri juga merupakan suatu hal yang tak kalah pentingnya. Jika Anda mempunyai jadwal harian, segala kewajiban ini akan tampak lebih mudah untuk dikerjakan. Dengan merancang sebuah jadwal, Anda bisa menyeimbangkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang, sekaligus membantu Anda mengutamakan hal-hal yang penting dalam hidup Anda. Gunakan kalender di sistem email atau di ponsel untuk menuliskan penjadwalan harian kita. Selain mudah untuk dituliskan, kalender yang terintegrasi sistem email (misalnya Google Calendar, Outlook Calendar dan lain-lain) mudah diintegrasikan dan memiliki sistem reminder dengan perangkat lain, misal komputer yang digunakan untuk bekerja.

Namun kadang kita harus mengelola lebih dari satu sistem kalender, semisal memiliki kegiatan profesional lebih dari satu (masing-masing memiliki sistem email yang berbeda), dan juga memiliki kalender personal. Berapa aplikasi kalender di ponsel otomatis dapat menampilkan dalam satu buah tampilan. Anda bisa memanfaatkan aplikasi gratis One Calendar untuk memudahkan mengatur penjadwalan dari sistem email yang berbeda.

Membuat catatan to-do-list

to do list

To do list adalah sebuah daftar yang memuat semua jenis aktivitas penting Anda. Dengan membuat to do list Anda akan tidak akan kehilangan atau lupa terhadap aktivitas penting yang harus Anda lakukan. Dan dengan prioritas tugas, Anda dapat merencanakan urutan pelaksanaannya, sehingga Anda dapat mengetahui mana yang perlu Anda laksanakan lebih dulu dan mana yang bisa Anda laksanakan setelahnya.Mencatat jadwal ataupun daftar tugas memang kadang menjenuhkan. Namun manfaat yang akan diberikan dari terorganisirnya semua kegiatan dan tugas yang harus diselesaikan akan lebih banyak, karena mengurangi risiko terjadinya kelalaian atau agenda yang terlewatkan. Setelah dicatat, kedisiplinan yang akan menentukan hari kita. Di setiap to-do-list berikan tanda juga bagaimana prioritas pekerjaan tersebut, apakah sebuah pekerjaan yang urgent atau biasa-biasa saja, termasuk mengatur kapan tenggang waktu pengerjaan pekerjaan tersebut

Gunakan asisten virtual untuk mengingatkan

asistent virtual

Maraknya gadget saat ini membawa dampak yang besar dalam kehidupan manusia. Nah manfaatkan gadget anda untuk diinstal aplikasi asisten virtual. Setidaknya ini akan membantu anda. Siri, Cortana atau Google Now merupakan beberapa asisten virtual bawaan ponsel yang dapat dimanfaatkan untuk menjadi pengingat yang baik untuk setiap kegiatan yang sudah kita agendakan di kalender. Sama seperti layaknya seorang sekretaris, ia akan mengingatkan tentang agenda-agenda yang harus dijalankan sesuai yang telah dituliskan dalam kalender. Bahkan beberapa asisten virtual sudah dibekali dengan kemampuan untuk mampu terintegrasi dengan aplikasi lain.

Misal ketika agenda meeting di luar kantor, asisten virtual akan memberikan estimasi waktu ke tujuan dengan menghubungkan dengan aplikasi peta, bahkan dapat memperkirakan kepadatan lalu lintas sehingga memberikan kita kesempatan untuk menyesuaikan. Kendati aplikasi asisten virtual masih banyak kekurangan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penggunanya, namun terkait integrasi dengan aplikasi di ponsel sistem-sistem tersebut sudah sangat bisa diandalkan.

Mengelola dokumen atau pekerjaan di cloud

mengelola dokumen

Terakhir adalah dengan memastikan pekerjaan atau tugas dapat dicek di mana saja. Sistem penyimpanan cloud yang saat ini mudah dipasangkan di berbagai perangkat, sekaligus mampu terintegrasi dengan aplikasi produktivitas dapat membuat kita untuk senantiasa dapat memaksimalkan waktu bekerja. Dengan perangkat yang kita bawa masih bisa mengelola pekerjaan-pekerjaan yang kita buat.Hal ini akan memberikan efektivitas pemanfaatan waktu jika terjadi penundaan dikarenakan hal yang tidak diinginkan, misal jadwal meeting yang molor. Sehingga agenda tetap dapat terselamatkan dengan baik, dan tidak membuat kita membuang-buang waktu begitu saja dengan tetap bisa selalu terhubung dengan berkas pekerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *