Pentingya Rencana dan Strategi Content Marketing bagi pengusaha startup

1

Content marketing, istilah itu mungkin sudah familiar di telinga kita. Tapi apakah kita sudah tahu konsep apakah itu Content marketing?. Saat ini Content marketing teramat penting dalam digital marketing. Mengapa? Content marketing telah bertransformasi menjadi “senjata” yang paling ampuh untuk melakukan marketing dan banyak digunakan oleh perusahaan teknologi. Selanjutnya simak saja Apa sebenarnya content marketing?

konten marketing Content marketing adalah salah satu marketing taktik tentang bagaimana membuat dan mendistribusikan konten yang relevan. Konten yang dibuat ini berguna untuk meng-attract, acquire dan engage target audience yang sesuai dengan produk/jasa yang kita tawarkan yang akhirnya di arahkan untuk melakukan sesuatu yang menghasilkan profit untuk bisnis anda. Konten – konten tersebu tmerupakan hasil pemikiran dan berisi informasi yang dapat memberi nilai tambah bagi pembaca dengan timbalbalik meningkatkan profit dari perusahaan. Bagaimanapun content marketing tidak hanya sekedar post biasa tapi di desain khusus untuk berinteraksi, berhubungan, dan member kesan kepada pengguna untuk mengetahui lebih dalam mengenai suatu hal. Jadi bagi startup tahap awal, peran content marketing sangat besar untuk mencari dan mengumpulkan pengguna..

Tujuan content marketing

tujuan content marketing sangat ampuh untuk 2 hal ini: • Mendatangkan pengunjung • Mendorong mereka untuk membeli Content marketing juga merupakan cara terbaik untuk membuat label bagi produk kamu agar lebih dikenal. Hal itu bisa dilakukan tidak hanya dengan melakukan optimalisasi performa dan tampilan halaman, tapi juga dengan menyediakan konten yang bernilai. Konten tersebut juga harus dirancang agar sesuai dengan target pengguna yang kamu inginkan. Berikut adalah beberapa tujuan dari content marketing yang perlu kamu ketahui: Membangun kesadaran terhadap produk anda Saat klien prospektif mendatangi anda secaraonline, biasanya mereka ingin mengetahui apa nilai lebih yang produk anda tawarkan dibandingkan kompetitor. Di sinilah mengapa anda perlu meracik konten online dengan pola piker bahwa brand kamu menghadirkan solusi terbaik.

Membangun dan menjalin relasi dengan konsumen

iklan Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, konten yang kamu buat harus berbobot atau memiliki nilai tambah bagi para pembaca. Sebagai contoh, sebuah artikel hasil penjualan cenderung kurang efektif dibandingkan artikel yang memuat kisah-kisah bagaimana produk kamu berhasil memecahkan hal yang berkaitan dengan masalah konsumen. Alternatif iklan dan meningkatkan kepercayaan Sebagai startup tahap awal, kemungkinan besar hanya segelintir orang yang tahu tentang produk kamu dan kamu pasti tidak punya banyak dan untuk memasang iklan di TV maupun media cetak. Jadi content marketing bisa digunakan sebagai alternative memasang iklan di mesin pencarian Google atau media sosial seperti Facebook dan Twitter. Di saat yang bersamaan konten-konten yang kamu buat juga harus mengandung unsur-unsur yang dapat meningkatkan relasi dengan pengguna. Hal itu bisa dilakukan dengan cara mengisi unsur-unsur perusahaan kamu seperti, budaya perusahaan, kepercayaan, pengetahuan, dan juga kemampuan kamu untuk memecahkan masalah yang juga dihadapi oleh pengguna kamu.

Memulai strategi content marketing strategi Sekarang kamu sudah mengetahui content marketing merupakan cara yang efektif, tapi seperti yang telah dijelaskan sebelumnya ada banyak cara melakukan content marketing seperti media sosial, blog, video, dan lainnya. Kamu akan berpikir untuk memilih lebih dari satu tapi kamu pasti tidak ingin menggunakan semua cara tersebut karena memakan waktu dan kemungkinan besar hasilnya tidak sesuai. Membuat strategi content marketing Secara umum, ada 3 tahapan dalam content marketing.Saat ini sudah semakin banyak bisnis yang mengandalkan content marketing. Tapi sebagian besar dari mereka hanya fokus di tahap 2 yaitu membuat konten.Padahal tahap perencanaan dan promosi justru lebih penting.Silahkan ikuti tahap berikut ini untuk mengetahui bagaimana cara membuat strategi content marketing anda sendiri.

1. Memahami 3 tujuan dari konten

tujuan Tujuan dari konten bukan (hanya) untuk mendatangkan visitor.Sama seperti prinsip content marketing, konten bertujuan untuk:

1. Mendatangkan visitor

2. Meningkatkan kepercayaan

3. Penjualan

2. Mengenali audiens atau target pasar anda

Biasanya yang paling sering yaitu informasi, atau panduan untuk menyelesaikan masalah, ada juga yang memang ingin membeli sesuatu.Tapi yang berniat membeli barang itu cuma sedikit.Jaman sekarang informasi sudah dimana-mana, sebelum membeli sesuatu kita biasanya mencari informasinya dulu lewat internet. Supaya tahu mana yang terbaik.Jadi fokus kita adalah membantu mereka menyelesaikan masalah.Dari sini mereka akan mengenal kita, percaya dengan kita, dan akhirnya menggunakan produk kita.Berarti sekarang kita harus menyediakan konten yang menyelesaikan masalah (yang berhubungan dengan apa yang kita jual). Supaya tahu masalahnya, kita harus “kenal” dengan mereka.Bandingkan dengan kalau anda tidak punya bayangan sama sekali siapa yang akan anda pancing. Konten yang kita buat akan jadi ngawur dan tidak menarik bagi target pasar kita.

3. Buat perencanaan & pemetaan konten

Konten berfungsi untuk menarik pengunjung agar mendatangi website anda. Konten seperti ini akan membuat banyak orang kenal dengan website anda. Selain itu konten juga berfungsi sebagaialat untuk membuat pelanggan yakin dan percaya dengan kualitas anda.Supaya lebih formal, kita pisahkan jenis konten tersebut menjadi 3:

1. Konten pengenalan

2. Konten branding

3. Konten penjualan Dalam tahap perencanaan konten, tugas anda adalah melakukan pemetaan ide konten ke dalam masing-masing tipenya untuk tiap persona.

One thought on “Pentingya Rencana dan Strategi Content Marketing bagi pengusaha startup

Leave a Reply to tagar Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *