Tips : Kunci Sukses Pembangun dan Developer Aplikasi Android menurut Petinggi Google

Aplikasi-Android-Untuk-Pemula

Aplikasi bergenre mobile saat ini telah merangsak ke pasaran dengan produk yang sangat inovatif dan menarik. Bisnis aplikasi mobile merupakan pasar yang sangat besar. Bayangkan saja dalam satu tahun, Google membayar lebih dari US$7 miliar untuk developer aplikasi mobile. Hali ini diungkapkan oleh Head Of Development Google Play, Kunal Soni
Akan tetapi, bisnis yang menggiurkan tersebut belum dimanfaatkan dengan baik oleh developer Indonesia. Padahal dengan 64,1 juta pengguna internet di perangkat mobile di Indonesia merupakan pasar yang potensial. Dan saat ini baru GOJEK lah yang mampu menembus 1000 aplikasi Android teratas di seluruh dunia.
Jika kita berbicara tentang kunci kesuksesan, tentunya ada beberapa point yang dapat kita ambil. Sebelum meluncurkan sebuah aplikasi mobile, Menurut Kunal seorang developer harus memastikan kualitas aplikasi dengan langkah berikut supaya sukses di pasaran:
1. Gunakan Alpha Beta Testing

Alpha and Beta Testing.jpeg
Alpha testing bertujuan untuk mengidentifikasi dan menghilangkan masalah sebelum sampai ke user, dilakukan setelah software jadi oleh orang-orang yang tidak terlibat didalam pengembangan dan ahli dalam bidangnya. Terdapat juga formulir dan evaluasi resmi. Dan Beta testing yaitu evaluasi sepenuhnya oleh pengguna. Mereka diberi tahu prosedur evaluasi, diamati proses penggunaannya, diwawancarai, dinilai, dan dilakukan revisi. Setelah begitu kemungkinan besar aplikasi tersebut juga akan mendapat penilaian yang baik setelah diluncurkan.
2. Gunakan Material Design

material -desain
Material Design merupakan acuan untuk sebuah desain aplikasi mobile yang baik. Google memperkenalkan tampilan ini pada tahun 2014. Dan seharusnya semua developer Indonesia direkomendasikan untuk menggunakan tampilan berikut. Sebagai contoh adalah PicMix yang berhasil meningkatkan engagement lima kali lipat setelah menerapkan material design
3. Sesuaikan dengan Karakter Pengguna

sesuai dengan karakter pengguna
Menurut Kunal sebelum membuat aplikasi mobile developer harus memikirkan kendala yang dihadapi masyarakat Indonesia, antara lain yaitu kapasitas penyimpanan yang rendah dan beberapa lokasi Indonesia dengan koneksi internet yang buruk. Untuk itu akan lebih baik jika developer Indonesia membuat aplikasi dengan file berukuran kecil supaya tidak mengunggah dan mengunduh file dalam jumlah yang besar
Untuk mendapatkan banyak pengguna, develop dapat menggunakan Google Play sebagai sarana agar aplikasi mobile bisa ditemukan banyak pengguna dan jangan lupa terapkan strategi lanjutan.
4. Eksperimen di Google Play Store

Google-play-store
Dalam Google Play setiap aplikasi akan mendapatkan halaman khusus yang berisi aplikasi, logo, tangkapan layar dan penjelasan tentang aplikasi tersebut. Dan developr harus memperhatiakn semua konten berikut Good User Interface juga Good User Experience. Sehingga pengguna akan tertarik untuk mengunduh.
5. Menggunakan Google Sign In

google-sign-in
Anda dapat meningkatkan jumlah pengguna aplikasi kamu dengan penerapan fungsi sign in. Google telah menyediakan layanan tawaran untuk pengguna yang login browser dapat mengunduh aplikasi yang kamu miliki. Hal itu diungkapkan oleh Kunal dan terbukti dapat meningkatkan jumlah instalasi aplikasi mereka sebesar 40 % tambahnya.
6. Melakukan Promosi dengan Baik

promosi aplikasi android
Selain memasang aplikasi android di google play Kunal juga menyarankan untuk juga dipromosikan di berbagai layanan google lainnya seperti Google Search dan Youtube. Pastikan juga Developer memeriksa layanan yang memberikan hasil terbaik untuk meningkatkan promosi tersebut.
Lalu Bagaimana mendapatkan uang dari aplikasi ?
Jangan khawatir seorang developer mendapatkan uang dengan 4 cara yaitu, iklan, In-App Purchase, Subcription, atau dengan memasang harga pada aplikasi mereka.
7. Memasang tarif yang Murah

sistem pembayaran
Kunal menyarankan para developer supaya memasang aplikasi dengan harga murah, untuk meraih keuntungan dari banyak pengguna. Saat ini harga minimum bagi aplikasi di google menjadi Rp 3000,00 ujarnya
8. Menggunakan Sistem Pembayaran Lokal

hargaGunakan pembayaran yang sesuai dengan karakter penggunanya, untuk mendapatkan lebih banyak uang. Saat ini Google menerima pembayaran selain lewat kartu kredit juga dengan Google Play Gift. Di Indonesia sendiri Google Play sudah bisa menerima pembayaran untuk pemotongan pulsa pada pelanggan Telkomsel, XL, dan Indosat.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *