“UPDATE YOUR WORDPRESS” 7 Langkah Penting Saat Meng-Update WordPress

update

Apakah WordPress yang anda gunakan sudah diupdate? Jangan sampai lupa untuk selalu update WordPress ketika WordPress resmi telah menerbitkan versi terbarunya. Dengan melakukan update WordPress, maka akan meningkatkan keamanan CMS WordPress yang kita gunakan. Keuntungan lainnya kita akan menikmati seluruh fitur-fitur terbaru yang dimiliki WordPress

Update WordPress memang sangat mudah, akan tetapi kadang menimbulkan masalah serius ketika update tidak berjalan dengan lancar. Sebenarnya langkah ini tergantung pada apa yang anda butuhkan untuk memperbarui. Di sini akan dijelaskan urutan yang tepat ketika ingin melakukan update wordpress yang benar, yakni:

  1. Waktu 

waktu

Pertama, Update WordPress harus dilakukan pada waktu dimana situs anda beada di lalu lintas rendah (off-peak), hal ini untuk menghindari jika sesuatu berjalan tidak lancar dan terjadi masalah.Supaya akurat, anda harus melihat terlebih dahulu di Google Analytics sehingga akan terlihat kapan waktu terendah situs anda mendapatkan kunjungan.

  1. Back Up

Back Up

Sebelum anda melakukan Update wordpress, sebaiknya membuat backup terlebih daulu. Fungsi file Backup adalah untuk mengembalikan situs anda seperti semula dengan cepat dan mencari solusi tanpa harus kehilangan situs dalam beberapa jam. Back up database situs dapat dilakukan melalui PHPMyAdmin atau dengan menggunakan plugin seperti backup wp. Back up tema dan plugin dengan cara manual melalui FTP client atau juga bisa menggunakan bantuan plugin. Terpenting adalah back up database, tema dan plugin situs Wordpres Anda.

 

  1. Caching Off

cache

Nonaktifkan plugin caching anda sebelum melakukan Update WordPress. Hal ini memastikan bahwa anda tidak caching halaman pemeliharaan selama update sehingga tidak mengganggu proses update.

  1. Update Plugin Dan Framework Tema

framework

Update WordPress biasanya disertai dengan update plugin dan tema. Pengembang biasanya secara otomatis akan tahu dan segera membuat plugin dan tema yang kompatibel dan siap ketika updateWordpress baru dirilis. Perbarui semua plugin dan tema sebelum Update WordPress.

  1. Update WordPress

WordPress updates

Saatnya untuk melakukan Update WordPress, klik tombol Update dan secara otomatis  WordPress akan terupgade. Tunggu sampai proses update sampai proses berjalan selesai dengan lancar.

  1. Aktifkan Caching Plugin

aktifkan caching plugin

Aktifkan Plugin caching dan membersihkan semua cache sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengaktifkan kembali Cache Anda dan memperbarui pengaturan Cache ke pengaturan semula.

  1. Periksa Situs Anda

dashboard

Luangkan waktu sebentar untuk memeriksa perubahan pada situs anda dan membuka beberapa halaman dan posting. Jika sesuatu tidak bekerja dengan baik, segera cari penyebab kesalahan tersebut dan segera mencari solusi supaya situs anda berjalan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *