ANDROID MARSHMALLOW

Android-6.0-Marshmallow-main1          Misteri Android M telah terungkap pada saat  Google secara resmi mengonfirmasi nama sistem operasi terbaru mereka Android M yang merupakan Android Marshmallow. OS terbaru Google tersebut diharapkan akan hadir pada akhir tahun ini, dan akan berjalan petama kali di smartphone. Android Marshmallow akan mulai tersedia untuk upgrade Over the Air (OTA) untuk smartphone yang masih menjalankan sistem operasi Android lama.

Google memfokuskan Android Marshmallow agar dapat memberikan kontrol penuh pada pengguna mengenai izin aplikasi yang akan mereka install. Selain itu, salah satu fitur mobile paling keren yang diharapkan akan hadir di Android Marsmallow ialah Fitur Now On Tap. Dengan fitur Now On Tap ini pengguna Android Marshmallow dapat mengakses Google Now dengan menahan tombol Home. Now On Tap juga membantu Google untuk memperoleh informasi penting dari penggunanya, berdasarkan apa yang di lakukan oleh penggunya ketika itu.

Fitur-fitur yanga akan mendukung Android Marshmallow diantaranya :

  1. Modus “Doze”

Pada bulan Mei 2015, VP Engineering Android, David Burke mengatakan bahwa Android Marshmallow mengusung teknologi terbaru yang disebut dengan modus “Doze”. Modus ini berperan penting untuk memperkecil konsumsi daya baterai, ketika perangkat dalam kondisi stand by.

Cara kerja modus ini adalah dengan memanfaatkan sensor pendeteksi gerakan. Sensor ini mengira-ngira, apakah perangkat tersebut dalam kondisi stand by atau aktif. Modus Doze dapat memperpanjang daya baterai pada sebuah unit Tablet Nexus 9 sampai dua kali lipat lebih lama dibandingkan dengan daya baterai yang berjalan di Android Lollipop.

2. System UI Tuner

Dapat diaktifkan melalui jendela notifikasi, lalu menekan icon “Settings”. Setelah itu akan muncul pesan pop-up seperti ini ” Selamat ! System UI Tuner telah ditambahkan ke Settings.”

3. Android Pay

Android Pay adalah antarmuka pemrograman aplikasi ( Aplication Programming Interface, API ) terbuka yang memungkinkan pengembangnya untuk menambhakan ke aplikasi mereka sendiri.

4. Sensor sidik jari

Sensor sidik jari ini tidak hanya digunakan untuk membuka dan mengamankan ponsel, tetapi juga terhubung dengan sistem pembayaran mobile Android Pay yang beerfokus pada kesederhanan, keamanan, dan pilihan.

Seperti yang kita tahu, ada beberapa versi android mulai dari pertama kali muncul. Adapun versi-versi tersebut ialah :

Android-6.0-Marshmallow-Release-With-previous-versions-depicted

  • Android 1.1
  • Android 1.5 (Cupcake)
  • Android 1.6 (Donut)
  • Android 2.0 (Eclair)
  • Android 2.2 (Froyo)
  • Android 2.3 (Gingerbread)
  • Android 3.0 (Honeycomb)
  • Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)
  • Android 4.1 (Jelly Bean)
  • Android 4.4 (KitKat)
  • Android 5.0 (Lollipop)
  • Android 6.0 (Marshmallow)

Anda dapat menggunakan interface terbaru dari OS Android ini ketika Android Marshmallow telah resmi dirilis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *