GPS Guided Autopilot – bitDrone

Tim BIT kembali melakukan ujicoba pesawat nirawak dengan memanfaatkan teknologi GPS (Global Positioning System). Kali ini menggunakan armada fixed wing dengan efisiensi terbang lebih baik sehingga menghasilkan kemampuan jelajah yang lebih baik dengan jarak lebih jauh dan durasi lebih lama. Ujicoba kali ini memanfaatkan GPS untuk melakukan penerbangan otomatis (Autopilot) sehingga armada mampu menjalankan misi secara mandiri tanpa bantuan kendali dari operator.
Hasil pengujian kali ini baru pada tahap pengujian terbang otomatis armada untuk kembali ke titik semula atau sering disebut dengan RTL (Return to Launch). Beberapa kali pengujian armada dari berbagai posisi mampu naik ke ketinggian aman dan terbang kembali ke lokasi awal. Ketinggian aman ditentukan dari awal untuk menghindari bangunan ataupun pohon sepanjang jalur penerbangan armada.

Setelah mendarat log penerbangan dapat di analisa untuk kebutuhan lebih lanjut. Salah satu analisa paling sederhana adalah menayangkan ulang penerbangan seperti pada viceo berikut. Pada layar tampak kemiringan armada (Attitude) ketinggian (Altitude) serta berbagai informasi lain yang bisa digunakan untuk analisa lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *