Jaringan 4G LTE

Jaringan 4G LTE

                                                     Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile (Android, iOS), Website, Toko Online, SEO           Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile (Android, iOS), Website, Toko Online, SEO

Pada akhir – akhir ini Anda pasti sering mendengar kata 4G. dan apakah Anda mengatahui apa yang dimaksud 4G ? Untuk lebih lengkapnya kita akan bahas pada artikel berikut.

4G adalah singkatan dalam bahasa inggris yaitu fourth generation technology. Itu artinya 4G merupakan generasi ke empat untuk layanan jaringan pada gadget Anda. Sebelum adanya 4G, layanan jaringan masih menggunakan 2G dan 3G. Karena diera modern seperti saat ini kebutuhan masyarakat akan jaringan internet cukup tinggi, maka teknologi 4G ini dicipta. Sistem 4G terdiri dari jaringan pita lebar ultra untuk berbagai perlengkapan elektronik, contohnya telpon pintar dan laptop yang menggunakan modem USB sebagai koneksi internetnya.

Selain 4G ada juga teknologi terbaru dengan nama 3GPP Long Term Evolution atau yang biasa disingkat LTE atau bisa juga disebut 4G LTE. 4G LTE merupakan sebuah standar komunikasi akses data nirkabel dengan kualitas tinggi yang berbasis pada jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSPA. Teknologi ini mampu mendownload file sampai dengan kecepatan 300mbps dan mengupload file sampai dengan kecepatan 75mbps. Teknologi LTE pertama kali digunakan oleh operator seluler TeliaSonera di Stockholm dan Oslo pada tanggal 14 desember 2009. Dan LTE disebut-sebut sebagai teknologi jaringan nirkabel tercepat pada saat ini, sebagai penerus jaringan 3G. LTE bahkan diklaim sebagai jaringan nirkabel yang paling cepat pertumbuhannya dan diperkirakan akan menjadi standarisasi pada penggunaan telepon selular secara global untuk yang pertama kali.

Dari segini kelebihannya komunikasi menggunakan teknologi 4G LTE ini sangat bermanfaat sekali bagi user yang hobi berselancar dibeberapa situs yang banyak mengandung multimedia seperti gambar, video, atau pun suara. Karena dengan adanya teknologi 4G LTE ini, proses berselancar Anda di dunia maya akan menjadi lebih lancar dan cepat.

Tetapi 4G LTE juga memiliki kelemahan yaitu apabila Anda ingin memiliki gadget dengan fitur 4G LTE maka Anda harus merogoh kocek lebih dalam. Karena tentunya semakin canggih gadget yang ingin Anda miliki maka semakin mahal pula harganya. Selain itu, teknologi 4G LTE membutuhkan sinyal yang kuat ketika sedang bekerja maka hal tersebut dapat menguras baterai pada gadget Anda menjadi lebih cepat habis.

Di negera kita tercinta ini meskipun Kementrian Kominfo sudah menjanjikan tahun ini kita bisa merasakan sinyal 4G, akan tetapi sampai sekarang realisasinya belum semua provider jaringan menggunakan teknologi 4G. Sekali pun sudah ada provider jaringan yang telah menggunakan teknologi 4G itu pun hanya bisa dirasakan dibeberapa daerah, khususnya di kota – kota besar seperti di Jakarta. Jadi walaupun gadget Anda sudah difasilitasi dengan fitur 4G tetap saja Anda tidak dapat menggunakan fasilitas tersebut dengan maksimal karena Anda tau sendiri lah kualitas dari negara kita. Terkecuali Anda sedang berapa di luar negeri seperti di Korea Selatan, maka Anda dapat memanfaatkan fasilitas 4G dengan baik karena Korea Selatan merupakan negara tercepat dalam penggunaan layanan internet.

Nahhh, itu tadi adalah artikel yang disusun oleh tim produksi dari Bit – Inti Teknologi dan dikutip dari halaman Wikipedia.com. Semoga bermanfaat bagi Anda dan jangan lupa dishare yaaa…

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *